PROFIL

Tupoksi

Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi 2.1.1 Tugas Pokok dan Fungsi Tugas Pokok Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 
 
Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah: 1. Perumusan kebijakan teknis bidang kependudukan dan pencatatan sipil. 2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dalam pelayanan umum bidang kependudukan dan pencatatan sipil. 3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang kependudukan dan pencatatan sipil. 4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.  
 
Uraian tugas dan tanggungjawab Pegawai dalam struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung; 
 
A. KEPALA DINAS 1. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai  tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang administrasi kependudukan. 2. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi: a. Penyusunan program dan anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; b. Pengelolaan keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; c. Pengelolaan perlengkapan, urusan tata usaha, rumah tangga dan barang milik negara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; d. Pengelolaan urusan ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; 

e. Penyusunan perencanaan di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; f. Perumusan kebijakan teknis di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerjasama,pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; g. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk; h. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil; i. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan; j. Pelaksanaan kerjasama administrasi kependudukan; k. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan; l. Pelaksanakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan; m. Pembinaan, koordinasi, pengendalian bidang administrasi kependudukan; n. Melaksanakan kegiatan penatausahaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan; o. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya. 
 
B. SEKRETARIAT a. Sekretariat mempunyai tugas memberikan pelayanan administratif dan teknis yang meliputi perencanaan, keuangan, urusan tata usaha, perlengkapan rumah tangga dan urusan ASN kepada semua unsur di lingkungan Dinas. b. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretaris mempunyai fungsi: a) Koordinasi dan penyusunan program dan anggaran; b) Pelaksanaan pengelolaan keuangan; c) Pengelolaan perlengkapan, urusan tata usaha, rumah tangga dan barang milik Negara; d) Pengeloaan urusan ASN; e) Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

c. Sekretariat terdiri dari: a) Subbagian Perencanaan; b) Subbagian Keuangan; c) Subbagian Umum dan Kepegawaian. d. Masing-masing subbagian di pimpin oleh Kepala Subbagian yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Sekretaris. 
 
a. SUBBAGIAN PERENCANAAN 1. Subbagian Perencanaan mempunyai tugas melakukan penyiapan koordinasi dan penyusunan program dan anggaran. 2. Untuk melaksanakan tugas tersebut Subbagian Perencanaan mempunyai fungsi: a. Menghimpun dan menyusun Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; b. Menghimpun dan menyusun program kegiatan tahunan serta membuat laporan tahunan pelaksanaan kegiatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; c. Menghimpun usulan dan menyusun Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; d. Menghimpun dan menyusun Penatapan Kinerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
b. SUBBAGIAN KEUANGAN 1. Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan koordinasi dan pelaksanaan pengelolaan keuangan, penatausahaan, akuntansi, verifikasi dan pembukuan. 2. Untuk melaksanakan tugas tersebut Subbagian Keuangan mempunyai fungsi: a. Untuk melakukan koordinasi dalam mengelola urusan administrasi keuangan; b. Melakukan koordinasi dan proses pelaksanaan anggaran yang menjadi tanggungjawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; c. Melakukan koordinasi  dan menyusun pembukuan, pertanggungjawaban keuangan dan pelaporan baik bendahara penerima maupun bendahara pengeluaran; d. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
c. SUBBAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN 1. Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, urusan tata usaha, kearsipan, urusan administrasi ASN, urusan perlengkapan, rumah tangga, dan penataan barang milik negara. 2. Untuk melaksanakan tugas tersebut Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi : a. Perumusan dan pengelolaan kebutuhan rumah tangga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; b. Pengelolaan barang milik kekayaan daerah dan perlengkapan yang berada di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; c. Penataan kearsipan dan pelayanan administrasi umum; d. Pembinaan, pengelolaan dan penataan kepegawaian; e. Melaksanakan tugas kehumasan, hukum dan organisasi; f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
C. BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK 1. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelayananan pendaftaran penduduk. 2. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; 3. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud, Bidang  Pelayanan Pendaftaran Penduduk mempunyai fungsi: 

a. Penyusunan perencanaan pelayanan pendaftaran penduduk; b. Perumusan kebijakan teknis pendaftaran penduduk; c. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk; d. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk; e. Pelaksanaan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk; f. Pelaksanaan pedokumentasian hasil pelayanan pendaftaran penduduk; g. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pendaftaran penduduk. 4. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk terdiri dari: 1) Seksi Identitas Penduduk; 2) Seksi Pindah Datang Penduduk; 3) Seksi Pendataan Penduduk. 5. Masing-masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada kepala bidang. a. SEKSI IDENTITAS PENDUDUK 1. Seksi Identitas Penduduk mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayanandan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk. 2. Untuk Melaksanakan tugas ini, Seksi Identitas Penduduk mempunyai fungsi: a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Identitas Penduduk sesuai rencana kerja Dinas; b. Menyusun petunjuk penyelenggaraan pendaftaran penduduk WNI maupun WNA; c. Menyusun ketentuan dan memberikan petunjuk pembuatan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga; d. Melaksanakan penerbitan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP); e. Melakukan pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan; f. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

b. SEKSI PINDAH DATANG PENDUDUK 1. Seksi Pindah Datang Penduduk mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebiajakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pindah datang penduduk. 2. Untuk melaksanakan tugas ini, Seksi Pindah Datang Penduduk  mempunyai fungsi: a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Pindah Datang Penduduk sesuai dengan rencana kerja Dinas; b. Menyusun ketentuan serta memberikan petunjuk pelaksanaan Pindah Datang Penduduk; c. Melaksanakan penerbitan surat keterangan pindah; d. Menyiapkan bahan untuk penandatangan dokumen pindah datang  penduduk; e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan. 
 
 
c. SEKSI PENDATAAN PENDUDUK 1. Seksi Pendataan Penduduk mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebiajakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pendataan penduduk. 2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud tersebut di atas, seksi pendataan pendudukmempunyai fungsi: a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Pendataan Penduduk sesuai dengan rencana kerja Dinas; b. Pelaksanaan pelayanan pendataan penduduk WNI dan WNA; c. Membantu pelaksanaan pemutakhiran database kependudukan melalui pengawasan/pemantauan terhadap penertiban KK dan KTP; d. Membantu  pelaksanaan pemutakhiran database kependudukan melalui pengawasan/pemantauan terhadap kepindahan penduduk; 

e. Melaksanakan pencatatan dan pemutakhiran biodata penduduk serta menertibkan Nomor Induk Kependudukan (NIK); f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
D. BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL a. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan pelayanan pencatatan sipil. b. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. c. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi: a. Penyusunan perencanaan pelayanan pencatatan sipil; b. Perumusan kebijakan teknis pencatatan sipil; c. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil; d. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil; e. Pelaksanaan penerbitan dokumen pencatatan sipil; f. Pelaksanaan pedokumentasian hasil pelayanan pencatatan sipil; g. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pencatatan sipil. d. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil terdiri dari : a. Seksi Kelahiran b. Seksi Perkawinan dan Perceraian c. Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaaan dan Kematian e. Masing-masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada kepala bidang. 
 
a. SEKSI KELAHIRAN  1. Seksi Kelahiran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, 

pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran. 2. Untuk melaksanakan tugas ini, Seksi Kelahiran mempunyai fungsi: a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Kelahiran sesuai dengan rencana kerja Dinas; b. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan dan penelitian berkas pencatatan, pengolahan data dan menerbitkan akta kelahiran bagi WNI dan Penduduk Orang Asing. c. Memeriksa dan menghimpun data atau dokumen Akta Kelahiran bagi WNI dan Penduduk Orang Asing. d. Melaksanakan persiapan penertiban akta kelahiran yang terlambat pelaporannya; e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
d. SEKSI PERKAWINAN DAN PERCERAIAN 1. Seksi Perkawinan dan Perceraian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan, dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pencatatan perkawinan dan perceraian. 2. Untuk melaksanakan tugas, seksi perkawinan dan perceraian mempunyai fungsi: a. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan dan penelitian berkas pencatatan  pengelolaan data dan menerbitkan akta perkawinan baik WNI maupun WNA; b. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan dan penelitian berkas pencatatan, pengelolaan data dan menerbitkan akta perceraian baik WNI maupun WNA; c. Melaksanakan koordinasi data hasil pencatatan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan atas peristiwa perkawinan dan perceraian WNI maupun WNA; d. Memeriksa dan menghimpun data atau dokumen akta perkawinan dan perceraian baik WNI maupun WNA; e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
e. SEKSI PERUBAHAN STATUS ANAK, PEWARGANEGARAAN DAN KEMATIAN 1. Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian  mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pencatatan pengangkatan anak, pengakuan anak, pengesahan anak, perubahan status kewarganegaraan dan pencatatan kematian.  2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian mempunyai fungsi: a. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan dan penelitian berkas pencatatan pengolahan data dan menerbitkan Akta Pengakuan Anak dengan memberikan catatan pinggir bagi permohonan pengangkatan anak; b. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan, dan penelitian berkas pencatatan pengolahan data dan menerbitkan Akta Pengesahan Anak dengan memberikan catatan pinggir bagi permohonan Pengesahan Anak; c. Memeriksa dan menghimpun data atau dokumen Akta Pengakuan  Anak dan Akta Pengesahan Anak; d. Memeriksa, mencatat, dan menghimpun data atau dokumen pada Register Akta Pencatatan Sipil dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil dalam bentuk catatan pinggir bagi Orang Asing yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI); 

e. Memeriksa dan meneliti kelengkapan dokumen data untuk mencabut dokumen KTP dan KK penduduk yang mengubah status kewarganegaraan WNI menjadi Orang Asing; f. Menyiapkan bahan pencatatan dan pendaftaran, pemeriksaan dan penelitian berkas pencatatan pengolahan data dan menerbitkan Akta Kematian bagi WNI dan Penduduk Orang Asing. g. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
E. BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN 1. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan. 2. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 3. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud, Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai fungsi: a. Penyusunan perencanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan peyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi; b. Perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi; c. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi; d. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi; e. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan. 4. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan terdiri dari: a. Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK); b. Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan; c. Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Teknologi    Informasi dan Komunikasi. 5. Masing-masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang dalam  melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Kepala Bidang. 
 
a. SEKSI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN 1. Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan. 2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai fungsi : a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sesuai dengan rencana kerja Dinas; b. Pengelolaan data penduduk melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dengan memanfaatkan teknologi informasi; c. Mengelola sistem administrasi kependudukan dengan pola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terhadap status kependudukan melalui registrasi penduduk dan perkembangan penduduk yang meliputi Lahir, Mati, Pindah, dan Datang (LAMPID); d.  Mengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sentral Data Kependudukan; e.  Melaksanakan pengembangan sistem pelayanan informasi berbasis teknologi informasi; f. Melaksanakan pembangunan dan pengoperasian SIAK; g.  Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
b. SEKSI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA KEPENDUDUKAN 1. Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pengolahan dan penyajian data kependudukan. 2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan mempunyai fungsi : a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan sesuai dengan rencana kerja Dinas; b. Mengumpulkan dan mengolah data kependudukan dan pencatatan sipil; c. Mengumpulkan, melaksanakan pencatatan, mengolah dan menyiapkan data kependudukan melalui database kependudukan; 

d. Melaksanakan pengembangan database kependudukan dan pencatatan sipil; e. Mendokumentasikan dan melaksanakan penyajian data kependudukan; f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. d. SEKSI TATA KELOLA DAN SUMBER DAYA MANUSIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI  1. Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan,  koordinasi dan pelaksanaaan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi. 2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai fungsi: 
 
F. BIDANG PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN 1. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis  dan pelaksanaan kebijakan  di bidang Pemanfaatan data dan dokumen Kependudukan, kerjasa sama administrasi kependudukan dan inovasi pelayanan administrasi kependudukan. 2. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 3. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mempunyai fungsi : 

a. Penyusunan perencanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; b. Perumusan kebijakan teknis pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; c. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; d. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan; e. Pelaksanan kerja sama administrasi kependudukan; f. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan; g. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan 4. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan terdiri dari : a. Seksi Kerjasama; b. Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan; c. Seksi Inovasi Pelayanan. 5. Masing - masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Kepala Bidang. 
 
a. SEKSI KERJASAMA 1. Seksi kerjasama mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan. 2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai fungsi : a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Kerjasama sesuai rencana kerja Dinas; b. Menyusun, merencanakan konsep kerjasama pemanfaatan data kependudukan dan pencatatan sipil bagi instansi pemerintah dan swasta; c. Memfasilitasi instansi swasta maupun pemerintah yang terkait dalam pemanfaatan data penduduk; d. Koordinasi dengan instansi lain terkait pemanfaatan data kependudukan; e. Melaksanakan kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan dalam rangka pengendalian kependudukan; f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.  
 
b. SEKSI PEMANFAATAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN 1. Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan. 2. Untuk melaksanakan tugas, Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan mempunyai fungsi : a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan sesuai rencana kerja Dinas; b. Melaksanakan pelayanan informasi kependudukan lewat fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pengelolaan informasi Dinas. c. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan; d. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 
 
c. SEKSI INOVASI PELAYANAN 1.   Seksi Inovasi Pelayanan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan. 2.  Untuk melaksanakan tugas, Seksi Inovasi Pelayanan mempunyai fungsi : a. Penyiapan bahan perencanaan Seksi Inovasi Pelayanan sesuai rencana kerja Dinas; b. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan; c.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

 

  • Share on :