BERITA

Serahkan DP4, Dukcapil Kemendagri Siap Sukseskan Pilkada 2020

Kamis, 03 Oktober 2019   ditjen dukcapil   448  

 

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) kembali serahkan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penyerahan dilakukan untuk turut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang akan berlangsung di 270 daerah, yakni 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota.

"Kami serahkan kembali DP4 untuk KPU sebagai wujud keikutsertaan kami dalam menyuskseskan pesta demokrasi di Pilkada 2020," kata Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Senin (23/09/2019).

Sebanyak 107.531.640 data telah terekapitulasi untuk kemudian diserahkan dan ditindaklanjuti KPU.

"DP4 ini, karena basisnya data adminduk atau administrasi kependudukan, memiliki keunggulan yakni data penduduk yang by name by adress sehingga bisa lebih akurat," tambah Zudan.

Sebelumnya, Ditjen Dukcapil Kemendagri dan seluruh Dinas Dukcapil di daerah telah sangat berupaya untuk meningkatkan akurasi data kependudukannya.

Optimalisasi perekaman dan pencetakan KTP-el terus digenjot dengan berbagai upaya, termasuk upaya-upaya jemput bola hingga ke depan pintu rumah penduduk.

"Kami kan sudah bekerja keras untuk mengoptimalkan perekaman dan pencetakan KTP-el, salah satunya dengan program jemput bola dari daerah maupun pusat," tuturnya.

Sejalan dengan hal itu, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan pihaknya akan terus bekerja keras dalam membantu suksesnya Pilkada 2020.

Kendati banyak rintangan dan halangan dari berbagai faktor, seperti faktor geografis penduduk, pihaknya akan terus berbenah.

"Warga negara kita yang belum perekaman KTP-el masih ada sekitar satu jutaan. Perekaman yang belum optimal itu seperti di Papua dan Papua Barat,” katanya.

Ia juga mengatakan siap berupaya menggenjot partisipasi pemilih dengan berbagai sosialisasi dan kampanye kesadaran memilih lewat berbagai media, baik itu media cetak, elektronik, hingga infografis di media-media sosial.

"Dukungan peningkatan partisipasi pemilih, akan ada penetapan hari libur pada hari pencoblosan, sosialisasi secara langsung dan melalui media cetak atau elektronik,” tutupnya. Dukcapil***

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • DUKCAPIL BUKAN PELAYANAN DASAR TAPI DASAR SEMUA PELAYANAN

    Prof. Zudan: "DUKCAPIL BUKAN PELAYANAN DASAR TAPI DASAR SEMUA PELAYANAN"

    Pengumuman

    Pengumuman bahwa Pelayanan secara lansung/tatap muka pembuatan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk sementara DITUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan kecuali Perkaman KTP-el

    Disdukcapil Kab. Pesisir Barat melayani secara online via WA

    Disdukcapil Kab. Pesisir Barat melayani secara online via WA